Berita

Layanan Umum Paket Buku Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta (NUMPAK BUS MANDAYA): Inovasi Layanan Peminjaman Menerjang Pandemi yang Meradang

Yogyakarta (MAN 2 YK)  – Pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung ini sangat mempengaruhi eksistensi segala bentuk kegiatan yang berunsur mengumpulkan masa, tak terkecuali eksistensi perpustakaan. Dampak yang paling dirasakan adalah ‘macetnya’ kegiatan sirkulasi atau perputaran peminjaman-pengembalian koleksi perpustakaan. Dampak ini diperparah dengan diberlangsungkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Bisa dikatakan perpustakaan benar-benar mati suri.

Namun, masa-masa kekhawatiran atas ‘mati suri’ kegiatan perpustakaan ini tidak berlangsung lama. Akibat pandemi ini pihak Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta malah mendapatkan ide untuk mencetuskan inovasi layanan baru untuk menghadapi keterbatasan jarak antara perpustakaan dan para pemustakanya.
Dengan mengusung moto “Mendekatkan yang Jauh dan Mengeratkan yang Dekat’ pihak Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta meluncurkan inovasi layanan umum baru dengan nama Layanan Umum Paket Buku Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta atau dapat disingkat dengan NUMPAK BUS MANDAYA. Layanan ini merupakan kegiatan pengiriman buku paket pelajaran dan UKBM yang difasilitasi langsung oleh pihak Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta setiap hari kerja. Kegiatan layanan ini diperuntukan bagi seluruh pemustaka yang mengalami keterbatasan jarak seperti tinggal diluar kota hingga keterbatasan keadaan seperti tengah melangsungkan isolasi mandiri maupun sakit.

Pada awalnya inovasi layanan ini diperkenalkan pada 11 November 2020 namun efektivitas layanan ini lebih dirasakan saat telah berlangsungnya kegiatan belajar-mengajar di semester baru yang dimulai pada bulan Juli 2021 lalu. Karena antusiasme inilah pihak Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta ‘melebarkan’ jangkauan layanannya dengan meluncurkan NUMPAK BUS EKSPRESS dan NUMPAK BUS PATAS.

NUMPAK BUS EKSPRESS adalah Layanan Umum Paket Buku Perpustakaan yang memiliki jangkauan dalam Kota Yogyakarta. Dinamakan ekspress karena paket buku tersebut bisa langsung dikirim dengan menggunakan layanan Go-Send. Layanan ini direkomendasikan bagi pemustaka yang tengah terkendala keadaan seperti tengah menghadapi isolasi mandiri akibat positif COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk melakukan penjemputan buku secara mandiri.

Sedangkan yang kedua dinamakan NUMPAK BUS PATAS dimana kata patas disini singkatan dari tanpa batas. Jadi ini adalah istilah bagi Layanan Umum Paket Buku Perpustakaan yang memiliki jangkauan luar Kota Yogyakarta hingga provinsi lainnya seperti Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Jawa Barat. Untuk pengiriman tipe ini pihak Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta menggunakan jasa layanan pengiriman swasta, yaitu J & T.

Bagi pemustaka yang menginginkan penggunakan layanan ini dapat mengikuti alur pemesanan dengan pengisi formulir yang ada di akun Instagram resmi milik Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta (@perpustakaanmandaya). Setelah itu pihak perpustakaan akan melakukan konfrimasi kepada yang bersangkutan lewat aplikasi What’s App. Dalam kegiatan konfrimasi ini pihak perpustakaan akan menanyakan kebenaran permintaan pengiriman dan kebersediaan penanggungan ongkos kirim dengan sebelumnya telah melakukan penimbangan dan estimasi beban ongkos yang akan dikenakan terlebih dahulu. Jika pihak pemesan telah setuju, maka proses pengiriman paket buku dapat dimulai.

Kegiatan pengiriman ini berlangsung sejak tanggal 2 Agustus 2021 hingga 25 Agustus 2021 dengan total 42 pesanan paket buku. Kegiatan ini tidak hanya berhenti pada tanggal 25 Agustus 2021 saja, namun masih dapat terus berlangsung jika pihak perpustakaan mendapatkan permintaan pengiriman kembali (gyt).

Back to top button