Berita

Layanan Ukur Arah Kiblat Masjid KUA Kemantren Kotagede

KUA Kotagede

Yogyakarta (KUA Kotagede) – Sebagai bentuk realisasi dari program  Penyuluh Agama Islam kemantren Kotagede melakukan aksi ukur arah kiblat di Masjid Al Anab pada Rabu (13/01/2022). Kegiatan ini merupakan program  pelayanan KUA Kotagede dan Penyuluh Agama Islam, baik Penyuluh Fungsional maupun Penyuluh Non-PNS.

Kepala KUA Kecamatan Kotagede Setyo Purwadi,  mengatakan bahwa kegiatan ukur arah kiblat atau kalibrasi yang masih dijalankan  merupakan kegiatan untuk  menuntaskan data Sistem Informasi Masjid (SIMAS) dan Sistem Informasi Wakaf (SIWAK), maka dirinya sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Alhamdulillah, kegiatan Penyuluh Agama Islam kemantren Kotagede masih rutin dilaksanakan, disamping bertujuan untuk pelayanan tempat ibadah juga memberikan informasi dan edukasi, dengan kegiatan ukur arah kiblat yang dilakukan penyuluh agama Islam menjadi lebih dekat kepada masyarakat, sebagai wujud pengabdian dalam bidang sosial kemasyarakatan,” kata Setyo Purwadi.

Dia menambahkan bahwa kegiatan yang baik ini benar-benar diprogram secara matang, sehingga dapat menyasar diseluruh wilayah kecamatan Kotagede, bila itu deplaning secara seksama sebenarnya  akan dapat menjadi media dakwah dan penyuluhan bagi para penyuluh.

“Semoga ukur arah kiblat ini dapat memberikan semangat kepada masyarakat untuk selalu menjaga masjid dan lingkungan,” tambahnya.

Sementara itu Nanang Suryana, koordinator penyuluh Agama Islam kecamatan Kotagede dalam keterangannya menyatakan bahwa Kegiatan ukur arah kiblat ini merupakan program percepatan agar data- data yang terkait masjid dan mushola yang ada di wilayah Kotagede segera terselesaikan di tahun 2022 ini sebagai salah satu bentuk kegiatan penyuluh untuk memakmurkan Masjid/musholla dengan memberikan akurasi data masjid dan mushola secara update.

Pengurus Takmir Masjid Al Anab Andro dan Masyarakat Tinalan Kotagede sangat antusias mengikuti ukur arah kiblat tersebut. Bahkan ada beberapa masyarakat  juga menyaksikan ukur arah kiblat di masjid Al Anab Tinalan Kotagede.

“Saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim BHR Bimas Kota Yogyakarta dan Penyuluh Agama Islam Kotagede maupun Masyarakat  semoga ukur arah kiblat seperti ini, dapat menjadi contoh bagi seluruh masyaraka” pungkasnya. (End )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *