Berita

KUA Kotagede Adakan Pembinaan Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS

Yogyakarta (KUA Kotagede) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kotagede, Selasa (21/9) selenggarakan kegiatan pembinaan penyuluh agama PNS dan Non PNS dihadiri kepala KUA Kotagede Setyo Purwadi bersama Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Maskur Ashari, MA., Dalam rangka monitoring dan evaluasi bertempat di aula Balai Nikah KUA Kotagede.

Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kotagede Endro Dwi Widodo melaporkan, “Pembinaan ini bertujuan sebagai ajang untuk silaturrahim sekaligus mengadakan evaluasi kegiatan agar kegiatan-kegiatan di masa yang akan datang selalu kompak di dalam melaksanakan kegiatan di masyarakat khususnya,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait dengan perangkat dan instrumen Penyuluh, apa yang diperuntukkan oleh penyuluh, yaitu penguasaan materi, karena kita akan berhadapan dengan masyarakat yang kemungkinan penguasaan dan pemahaman materi-materi agama khususnya jauh lebih baik, oleh sebab itu penguasaan materi harus diperhatikan betul-betul oleh seorang penyuluh.

Perangkat dan instrumen yang dibutuhkan seorang penyuluh adalah bagaimana dia mampu memahami materi tersebut sebelum orang lain diberikan pemahaman dari seorang penyuluh, seperti yang tertulis dalam Al Qur’an dan Hadits. Instrumen yang baik untuk mengevaluasi kegiatan yang dimuat dalam laporan secara tertulis oleh para penyuluh, semoga kegiatan pembinaan ini bisa memberikan manfaat kepada para penyuluh,” kata Endro Dwi Widodo. (End)

Back to top button