Berita

KPU (Kemenag Peduli Umat) Bagian Agenda Rangkaian HAB Ke-74 di Kemenag Kota Yogya

Dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Kementerian Agama RI Tahun 2020, Kementerian Agama Kota Yogyakarta melaksanakan berbagai agenda kegiatan mulai dari beberapa lomba olah raga seperti Bolla Volly Plastik, Tenes Meja, Futsal, Senam Beregu juga lomba Mancing Mania, serta kegiatan Bakti Sosialdengan mengusung program Kemenag Peduli Umat berupa bagi-bagi Sembako, Donor Darah, Cek dan Tes Kesehatan, yang tidak kalah menarik dari semua kegiatan yyakni lomba Memasak Masakan Tradisional berupa masak pepes ikan dan tumis kangkung.

Kegiatan lainnya yakni Bakti Sosial yang dilaksanakan dengan melakukan bersih-bersih di tempat rumah ibadah dari beberapa agama, dengan diawali bersih-bersih rumah ibadah umat agama Konghuchu di Klenteng Poncowinatan, daerah Pasar Kranggan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta.

Dari beberapa agenda kegiatan tersebut Kemenag Kota Yogyakarta mengemas empat kegiatan sekaligus yang dilaksanakan dalam satu hari berbarengan yakni berupa KPU (Kemenag Peduli Umat) yang terdiri dari Jalan Bareng Kerukunan Umat Beragama, Pentas Seni Lintas Agama, Kemenag Peduli Umat serta Cek dan Tes Kesehatan.

Kemenag Peduli Umat (KPU) Kementerian Agama Kota Yogyakart dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 November 2019 di halaman Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, dengan peserta sekitar 600 orang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kemenag Kota Yogyakarta, Kepala KUA beserta staf, PAIF, Penyuluh Agama Non PNS, Guru dan Staf Madrasah serta perwakilan dari unsur lintas agama se-Kota Yogyakarta.

Secara resmi pelepasan Jalan Bareng Kerukunan Umat Beragama ditandai dengan mengangkat bendera Star  oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA didampingi Kasubbag Tata Usaha H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I, peserta jalan bareng kerukunan umat beragama dimeriahkan dengan barisan Barongsai.

Semua peserta jalan bareng kerukunan umat beragama mengikuti acara lanjutan berupa pentas seni lintas agama dengan menampilkan jenis hiburan berupa seni tari dan seni vocal dari masing-masing lintas agama seperti Tari Pendet dari Agama Hindu, Vocal Group dari Agama Katolik, Drama musical dari Agama Kristen, Hadroh dari Agama Islam, Barongsai dari Konghuchu dengan diselingi penarikan breupa doorprice, dirangkai lagi kegiatan Kemenag Peduli Umat berupa pembagian sembako secara gratis sebanyak 750 paket, juga bersamaan dilaksanakannya Cek dan Tes Kesehatan kepada peserta yang akan mengetahui tentang perkembagan kesehatan mereka merupakan hasil kerjasama dengan Tim Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.*(hms.Nrl)

Back to top button