Berita

Kemenag Kota Yogyakakarta Kembali Gelar Sarasehan Doa Bersama

Lanjut, Webinar Tata Cara Memandikan Jenazah Covid-19

 

Yogyakarta- Kantor Kementerian Agama  Kota Yogyakarta pada hari Senin siang(02/08/2021) menggelar acara kegiatan  Webinar Sarasehan dan Doa Lintas Agama untuk Keselamatan Bangsa ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Selanjutnya sebelum doa bersama dilangsungkan, Sosialisasi Menag Nomor 20 Tahun 2021 disampaikan oleh Kepala Kantor Drs.H.Nur abadi,MA yang mengingatkan kembali bahwa saatnya kita terus menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M dan 1 D (memanjatkan Doa kepada Allah,Swt Tuhan Yang Maha Kuasa) agar semuanya diberikan keselamatan dan perlindungan. Selain itu Nur Abadi menegaskan kembali agar setiap ASN untuk selalu mentaati aturan kebijakan dari pemerintah melalui Kementerian Agama  diantaranya untuk mensosialisasikan dan melaporkan kegiatannya melalui aplikasi Enveto yang telah disampaikan sebelumnya meskipun dalam suasana PPKM dan melaksanakan perkerjaan dari rumah masing-masing atau Work From Home (WFH).

Selanjutnya pemaparan materi perihal pemulasaran bagi jenazah Covid-19 diasampaikan langsung oleh Satgas Covid-19 dari Rumah sakit Umum Dr.Sarjito,  Drs.H.Dumono,M.Pd.I yang mengutarakan secara teknis adab dan tata cara memandikan jenazah bagi penderita covid-19 hendaknya harus sesuai dengan standart operasional prosedur (SOP) diantaranya  yang paling mendasar dengan memakai APD (Alat Pelindung Diri) agar tidak mudah tertular bagi yang memandikannya. Selain itu petugas yang memandikan disesuaikan dengan jenis kelamin jenazah serta pihak keluarga diharapkan mempercayakan sepenuhnya kepada para petugas karena semuanya sudah mendapatkan pelatihan khusus, ungkapnya.

Sebelum kegiatan  acara sarasehan ditutup dilakukannya doa lintas agama yang masing-masing dipimpin sesuai agama dan keyakinannya meliputi  agama Islam disampaikan oleh  Eko Agus Wibowo (Penyuluh Agama Islam), Agama Katholik oleh Alexander Budisuwarno (Penyelenggara Katholik), Agama Kristen oleh Tri Didik Wibowo Adi (Penyuluh Kristen), Agama Hindu oleh Dewa Putu Raka (Penyuluh Hindu) dan  Agama  Buddha oleh Totok Tejamano (Penyuluh Buddha). Sedangkan acara kegiatan tersebut dipandu langsung oleh  Ghufron Su’udi selaku Penghulu di Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Kegiatan ini juga dapat disaksikan melalui streaming akun chanel youtube Kankemenag Kota Yogyakarta (dpj)

 

Kontributor ; Editor : Dian Pj

Back to top button