Berita

Kec. Danurejan dan Kec. Gedong Tengen laksanakan MTQ Tingkat Kecamatan

Sejumlah 300 (tigaratus) orang yang meliputi panitia dan peserta sangat antusias dan semangat mengikuti pawai Ta’aruf sekaligus juga dimeriahkan dengan keikutsertaan Drumband SDN 2 Lempuyangan Kota Yogyakarta yang mengawali rangkaian acara Musabaqoh Tilawatil Qur”an (MTQ) Tingkat Kecamatan di Kecamatan Danurejan, Ahad,(18/8/19).

Kepala KUA Danurejan H.M. Lukman Hakim, S.Ag.,MA mewakili Ka Kankemenag Kota Yogyakarta membuka secara resmi Lomba MTQ Tingkat Kecamatan di Kecamatan Danurejan sekaligus melantik para Dewan Hakim Lomba MTQ Kecamatan Danurejan.

Kegiatan MTQ Kecamatan Danurejan berlangsung di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dengan jumlah  80 orang peserta yang mengikuti lomba MTQ dengan 5 (lima) cabang yang dilombakan termasuk lomba Koth dan lomba Makalah Ilmiah Qur’an. Acara MTQ Kecamatan Danurejan juga diramaikan dengan diselenggarakannya lomba mewarnai yang diikuti peserta sejumlah 200 orang dari Taman Kanak-kanak.

Dihari yang sama Ahad (18/08/19) juga dilaksanakan Lomba MTQ Tingkat Kecamatan di Kecamatan Gedong Tengen, dimana pembukaan MTQ ditandai dengan pengalungan/penyematan secara simbolis Tanda Peserta oleh Camat Gedong Tengen Taukhid, S.IP.,M.Si mewakili Wawali Kota Yogyakarta didampingi ketua panitia penyelenggara Muhsonef, S.HI serta unsur Porkompimka Gedong Tengen, kegiatan acara berlangsung di gedung SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta.

Rangkaian MTQ Kecamatan Gedong Tengen juga diawali dengan Pawai Ta’aruf yang diikuti seluruh peserta dan panitia, khusus 9 (Sembilan) cabang lomba MTQ diikuti sebanyak 150 peserta. Untuk lebih semaraknya penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Gedong Tengen maka panitia juga mengadakan lomba mewarnai dan lomba menyanyi solo. Sebelum masuk kepada rangkaian lomba MTQ terlebih dulu  dilaksanakan pelantikan/pengukuhan Dewan Hakim oleh Sholehudin, S.Ag mewakili Kepala  Kantor Kemenag Kota Yogyakarta di Gedong Tengen yang kegiatannya berlangsung dari pkl 07.00-selesai.

“Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan di 14 (empatbelas) Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta, selain Kecamatan Gedongtengan dan Danurejan yakni Kecamatan (Pakualaman, Mantrijeron, Gondokusuman, Jetis, Gondomanan, Kraton, Kotagede, Tegalrejo, Wirobrajan, Mergangsan, ngampilan, Umbulharjo) melaui Seksi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam Kementerian Agama Kota Yogyakarta yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta sudah dilaksanakan dengan berjalan lancar, sukses yang kesemuanya dilaksanakan di hari Sabtu dan Ahad selama bulan Agustus 2019, dari kesemua yang berhasil meraih juara di masing-masing lomba MTQ selanjutnya berhak mengikuti lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) di Tingkat Kota Yogyakarta yang berlangsung pada hari Ahad, 06 Oktober 2019 dan pelaksanaannya dipusatkan di Masjid Diponogoro yang berada di perkantoran Balaikota Yogyakarta” dalam wawancara terpisah menjelang dilaksanakannya MTQ Tingkat Kota Yogyakarta pada hari Ahad, tanggal 06 Oktober 2019 ujar Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Maskur Ashari, MA secara teknis mewakili Ka Kankemenag Kota Yogyakarta selaku penanggungjawab penuh atas terselenggaranya rangkaian kegiatan MTQ di Kota Yogyakarta di Tahun 2019..*(hms.Nrl)

Back to top button