Berita

Kankemenag Kota Yogyakarta adakan BiMTEK Penyusunan Soal bagi Guru PAI

Selama 2 hari Rabu dan Kamis, (30, 31/5/18) Kankemenag Kota Yogyakarta mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) yang diselenggarakan Seksi PAIS (Pendidikan Agama Islam) Kankemenag Kota Yogyakarta, tentang ”Penyusunan Soal bagi Guru PAI” (Pendidian Agama Islam), yang diikuti sebanyak 40 orang peserta terdiri dari guru-guru Sekolah Dasar Pendidikan Agama Islam ASN dan Non ASN se-Kota Yogyakarta. Acara dilaksanakan di Ruang Aula Kankemenag KotaYogyakarta.

Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh Ka Subbag TU Abd. Su’ud, S.Ag.,M.Si mewakili Kakankemenag Kota Yogyakarta didampingi Ka Seksi PAIS Drs. H. Kaharuddin Noor ,dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa begitu  pentingnya materi soal-soal yang akan di susun, tentunya harus baik dan benar,  karena ketika membuat soal jangan hanya berpikir bagaimana soal bisa dijawab dan anak-anak mendapat nilai baik dan lulus. Tapi lebih kepada mengaandung ajakan misi mengingatkan/mendorong/mengajak siswa untuk melaksanakan isi daripada PAI (Pendidikan Agama Islam) itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari, jadi mengarah pada pendidikan karakter anak agar nantinya tercipta anak-anak yang berkarakter dan berkualitas.

Kegiatan Bimtek  menghadirkan narasumber dari Pengawas Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Sarmidi, S.pd.,M.Pd.,M.Si didampingi Pengawas Kankemenag Kota Yogyakarta Ahmadi Sholihin, S.Ag.,M.Si dengan materi yaitu mengenai ”SYARAT INDIKATOR SOAL YANG BAIK” yang meliputi :

  1. Memuat Kompetensi Dasar/Indikator/Materi yang hendak diukur.
  2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (PG=1, Uraian/Praktik=lebih dari satu).
  3. Berkaitan erat dngan indikator/materi.
  4. Dapat dibuatkan soalnya.(hms.Nrl)
Back to top button