Berita

Kakanwil Apresiasi Ayu Dewi Widowati Produktif Menulis Buku di Masa Pandemi

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) — Guru MTsN 1 Yogyakarta, Ayu Dewi Widowati, Senin (13/09/2021) menyerahkan tiga buku antologi yang dieditori olehnya kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr Masmin Afif. Penyerahan dilakukan saat audiensi dirinya yang diterima di Ruang Kerja Kakanwil.

Kakanwil Masmin Afif menyambut baik dan mengapresiasi langkah menulis buku yang dilakukan Ayu Dewi Widowati. “Saya sangat mengharapkan para guru madrasah untuk tetap aktif dan kreatif menulis di masa pandemi,” tandasnya.

Menurut Kakanwil, keterampilan menulis harus terus diasah dan butuh dukungan dari orang-orang yang sudah terbiasa menulis. “Bu Ayu Dewi bisa menggerakkan teman-teman guru yang lain agar terus konsisten menulis,” harap Kakanwil.

Ayu mengisahkan, ketiga buku yang diserahkan ini berjudul Tradisi Nusantara BerceritaKeragaman Negeri Tiada Tepi, dan Menelusur Wisata Negeriku. “Tiga buku ini menceritakan keindahan Negeri Indonesia berserta keragaman budayanya, terbit pada Agustus 2021 dan ditulis oleh sekitar 100 orang,” ungkap Ayu. Sebagai editor buku tersebut dirinya dibantu oleh Pranata Humas Kanwil Kemenag DIY, Bramma Aji Putra, dan AG Irawan, wartawan/praktisi media.

Ditambahkan Ayu, selain guru madrasah, penulis yang ikut berkontribusi dalam penulisan buku antologi tersebut adalah, guru SD/SMP, pengawas madrasah, dosen, dan peneliti dari LIPI.

“Kegiatan penulisan buku ini juga diapresiasi oleh Direktur GTK Kemenag RI Dr. H. Muhammad Zain, M.Ag., terbukti beliau bersedia memberikan kata sambutannya di buku tersebut,” ujar Ayu sumringah.

Selama pandemi ini Ayu Dewi telah membuat karya buku antologi dan mengajak guru-guru madrasah menerbitkan kurang lebih sekitar 50 buku. “Motivasi menulis buku sudah digelorakan sejak awal pandemi tahun 2020 lalu, bukan hanya guru-guru saja yang diajak untuk menulis, tetapi juga para siswa, orang tua siswa, pengurus komite, kepala madrasah, pengawas, para penghulu dan anggota Dharma Wanita Persatuan,” beber Ayu.

“Ketiga buku yang bercerita tentang ragam budaya dan destinasi wisata di Indonesia yang kami serahkan kepada Bapak Kakanwil ini insya Allah rencananya akan dilaunching secara nasional oleh Direktur GTK Kemenag RI pada Oktober 2021 mendatang. Acara webinar dan launching buku ini bekerjasama dengan H. Zainal Ilmi, M.Pd.I dari Kemenag Banjarmasin Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (adw/bap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button