Berita

HUT ke-76 RI, Pembelajaran Kontektual Bagi Siswa MTsN 1 Yogyakarta

MTsN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) – “17 Agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita” penggalan lirik lagu nasional yang diciptakan H. Mutahar berjudul Hari Kemerdekaan memiliki makna besar bagi bangsa Indonesia. Momen bersejarah itu terjadi 76 tahun silam manakala Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus. Sudah menjadi kewajiban untuk terus mengajarkan nilai-nilai perjuangan para pendiri bangsa ini kepada generasi muda. Hal tersebut diungkapkan Kepala Madrasah Muhammad Iriyadi kepada guru-guru MTsN 1 Yogyakarta. ‘nilai kebangsaan dan cinta tanah air harus selalu kita tanamkan melalui pembelajaran,” tegas Iriyadi.

Sebagai bentuk rasa syukurnya atas kemerdekaan bangsa ini pada Selasa (17/8) Iriyadi mengintruksikan kepada guru, pegawai dan seluruh siswa MTsN 1 Yogyakarta untuk mengikuti upacara HUT ke-76 RI secara virtual di www.rumahdigitalindonesia.id maupun melalui televisi. Selain mengikuti upacara bendera, momen ini juga dimanfaatkan oleh guru-guru PKn MTsN 1 Yogyakarta untuk melaksanakan pembelajaran kontektual bertema Pancasila Dasar Negara. Menurut Siti Rohmawati, S.Pd., salah satu guru PKn di MTsN 1 Yogyakarta menjelaskan bahwa dibalik proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno ada sejarah penting lahirnya Pancasila. Wati memaparkan pembelajaran kontektual ini tepatnya di materi kelas VII semester 1 bertujuan untuk menanamkan idiologis Pancasila, patriotisme, nasionalisme sekaligus mengenang sejarah bangsa. Lebih lanjut Wati mengungkapkan 76 tahun silam tepatnya tanggal 18 Agustus 1945 UUD 1945 resmi menjadi undang-undang dasar negara yang didalamnya memuat Pancasila. “Siswa harus paham bagaimana dahulu pendiri bangsa yang tergabung dalam BPUPKI merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”

Melalui pembelajaran kelas virtualnya pada Rabu (18/8) Wati memberikan materi tentang perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, memberikan contoh beberapa lagu kebangsaan untuk dinyanyikan siswa. Wati juga memastikan seluruh siswa mengikuti Upacara HUT ke-76 RI dengan bukti mengirim foto pembelajaran, ini akan menginspirasi guru-guru yang lainnya untuk mengaitkan materi nilai kebangsaan dan cinta tanah air. Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Indonesia Tercinta. (Tim Publikasi Madrasah)

#salammerdeka #indonesiabebascovid19 #indonesiatangguhindonesiatumbuh

Back to top button