Berita

Guru MAN 2 Yogyakarta Menjadi Instruktur Nasional Pelatihan Calon Fasilitator Provinsi (Fasprov) Jenjang Madrasah Aliyah/ Madrasah Aliyah Kejuruan Program PKB Guru dan Tendik Madrasah Zona 3 di Makassar

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarra) – Pada tanggal 13 hingga 17 September 2021 salah satu Guru Ekonomi dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta, Sri Narwanti, S.Pd berkesempatan menjadi IN kegiatan Pelatihan Calon Fasilitator Provinsi (Fasprov) Jenjang Madrasah Aliyah/ Madrasah Aliyah Kejuruan Program PKB Guru dan Tendik Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2021 Zona 3 Kelas C (Kalsel, Kalbar, Kaltim, Sulsel, Gorontalo, Sulteng) Mata Pelajaran Ekonomi yang berlokasi di Best Western Plus Beach Jalan Botolempangan 67 Makassar secara luring.

Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 11-13 September sebagai bentuk pembekalan IN kemudian dilanjutkan tanggal 13-17 untuk pelatihan Fasprov. Kegiatan ini merupakan rangkaian program Madrasah Reform Komponen ke 3, yaitu Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) khusus untuk guru yang salah satunya untuk guru mata pelajaran Ekonomi. Kegiatan ini dimulai dengan seleksi Instruktur Nasional, Fasilitator Provinsi, dan Fasilitator Daerah pada rentan tahun 2020/2021. Dimana khusus untuk pelatihan Fasilitator Provinsi ini dihelat pada bulan September 2021.

Dalam kegiatan ini Sri Narwanti, S.Pd menjadi narasumber 3 untuk beberapa materi umum. Materi pertama ditanggal 14 September 2021 dengan judul “Materi Umum: Pembelajaran Aktif” yang terjadwal pada pukul 08.00-10.00 WITA. Materi ke dua dilaksanakan ditanggal 15 September 2021 dengan membawakan judul “Materi Teknik Fasilitasi” di jam yang sama dengan presentasi yang pertama dilaksanakan. Untuk presentasi terakhir dilaksanakan pada tanggal 17 September 2021 dengan membahas tentang “Perencanaan Tindak Lanjut” yang berlangsung pada pukul 08.00 sampai 09.00 WITA dengan ketiganya berlokasi di Ruang Mata Pelajaran Ekonomi.

Terkait dengan kegiatan Praktik Mengajar (ON) dilaksanakan pada tanggal 16 September 2021 pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WITA dengan Sri Narwanti, S.Pd sebagai pemandu kegiatan tersebut. Untuk lokasi kegiatan praktik mengajar ini dilaksanakan di lokasi praktik ON Peserta 1 dan Peserta 2 dengan total durasi 120 menit. Selesai kegitan ini harapannya para fasilitator memiliki kompetensi yang mumpuni untuk kemudian menyusun program pelatihan bagi Fasilitator Daerah di provinsi masing-masing. Adapun rencana pelatihan bagi Fasilitator daerah pada awal bulan OKtober 2021. (gyt)

Back to top button