Berita

Gemas Keswa Mengantarkan Ismiyati Meraih Juara II Penyuluh Teladan DIY

Yogyakarta (Kankemenag) – Kerja keras untuk terus mengedukasi masyarakat dalam bimbingan dan penyuluhan telah membuahkan hasil. Dalam kesempatan apel pagi, Senin (27/9) Ismiyati, S.Ag Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) KUA Kecamatan Gondomanan dinobatkan sebagai juara II penyuluh teladan Daerah Istimewa Yogyakarta, berlangsung di aula Kantor Wilayah Kemenaterian Agama DIY. Penghargaan dan uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah diserahkan langsung oleh Kakanwil Dr. H. Masmin Afif, M.Ag.

Ismiyati menuturkan, serangkaian persyaratan telah dipenuhinya diantaranya bahwa peserta pemilihan penyuluh agama islam teladan adalah PAIF yang sudah terpilih dari seleksi tingkat Kabupaten/Kota. Adapun materi pokok penilaian meliputi; karya tulis ilmiyah yang dipresentasikan, Portofolio kegiatan bimbingan penyuluhan dua tahun terakhir dengan menyertakan video pendek yang telah diunggah di media social youtube, facebook, tweeter dan Instagram, sesuai juknis.

Dalam karya tulisnya Ismiyati mengambil tema Gemas Keswa (Gerakan Edukasi dan Motivasi Antar Sesama Untuk Kesehatan Jiwa) dan peran penyuluh dalam pendampingan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di kecamatan Gondomanan. Gerakan ini diiniasi untuk memberikan pendampingan kepada ODGJ agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan agar mereka terintegrasi dalam sistem di masyarkat. Dengan melakukan 5 gerakan; Edukasi Keswa lintas sektoral dan masyarakat, Edukasi kareja, Motivasi pendamping KKT, Motivasi spiritual ODGJ, serta Motivasi kemandirian sosial dan ekonomi ODGJ. (Jojo)

Back to top button