Berita

Fathiya, Siswi MAN 1 Yogyakarta Sukses Laksanakan Tugas sebagai Paskibra Kota Yogyakarta

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)–MAN 1 Yogyakarta patut berbangga, sebab salah satu siswanya berhasil menjadi anggota paskibraka Kota Yogyakarta. Fathiya Hamida Ulya, siswi MAN 1 Yogyakarta ini berhasil lolos dalam seleksi anggota paskibraka Kota Yogyakarta. Ulya, begitu sapaannya, bertugas menjadi pendamping nampan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI di balaikota kota Yogyakarta, Selasa (17/08/2021)

Di balik keberhasilan lolos paskibraka tentunya ada proses seleksi yang harus dilalui. Berbagai persiapan Ulya lakukan seperti berolahraga lari, sit up, push up, pull up dan materi baris berbaris dengan latihan bersama kakak alumni dan pelatih. Selain persiapan secara fisik, ia juga mempersiapkan materi wawancara, tentang kepaskibrakaan, budaya jogja, pancasila, dan tentang potensi diri. Dengan ketekunannya, Ulya berhasil terpilih menjadi salah satu dari 189 peserta yang mengikuti seleksi.
Setelah terpilih menjadi calon anggota paskibraka, Ulya mengikuti agenda pembekalan. Pembekalan dimulai 16 Juni hingga 23 Juli 2021 secara daring, kemudian mulai berlatih formasi pengibaran sampai dengan 8 Agustus secara luring.

“Setelah terpilih menjadi calon paskibraka, sebenernya ngga langsung latihan di lapangan seperti tahun tahun sebelumnya karena sedang masa pandemik tapi ketika sudah mulai berlatih di lapangan, kami diberi pembekalan terlebih dahulu tentang leadership, kepaskibrakaan, dan lainnya,” ungkap siswi yang kini duduk dibangku kelas 12 itu.

Ulya pun mengikuti kegiatan asrama dari tanggal 10 hingga 19 Agustus di Wisma Sargede. Semangatnya patut diapresiasi, karena ia telah melalui dua kali seleksi, di tahun 2020 dan 2021. “Alhamdulillah, sangat bersyukur dapat diterima jadi paskibraka tahun ini karena tahun kemarin saya juga ikut, tapi tidak lolos. Senang rasanya bisa melanjutkan tugas alumni paskibraka tahun tahun sebelumnya dan bisa membawa nama baik MAN 1 Yogyakarta dan Tonti Mansa dalam keluarga paskibraka 2021,” ungkap Ulya, saat dihubungi, Jumat (21/08/2021) kemarin.

“Semoga tahun tahun selanjutnya juga lebih banyak lagi siswa MAN 1 Yogyakarta yang menjadi paskibraka,”harap Ulya. (ksa/dzl)

Back to top button