Berita

Daffa, Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara 2 Short Story Writing Competition Tingkat Nasional

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK) — “Berawal dari hobi, berlanjut menjadi prestasi”, mungkin itulah ungkapan yang cocok disandingkan dengan Daffa Putera Tyan Adinata, atau yang akrab disapa Daffa. Daffa merupakan siswa kelas 10 di MAN 1 Yogyakarta yang baru-baru ini menorehkan prestasi di bidang menulis. Ia suka menulis dan sering meluangkan waktu untuk membuat suatu cerita, sehingga lomba ini ia manfaatkan untuk menyalurkan hobi.

Ia berhasil raih juara 2 dalam lomba Short Story Writing Competition tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh UKM Peduli Sosial Universitas Dipenegoro, berlangsung 19 Juli – 1 Agustus 2021 tersebut, diikuti oleh 128 siswa-siswi jenjang SMA. Short writing kali ini adalah lomba menulis naskah cerita pendek tingkat pelajar SMA yang harus bertemakan Kesehatan, penyakit darah, atau apapun yang berhubungan dengan darah.

“Karena temanya tentang darah, maka saya menulis cerita tentang donor darah”, ungkapnya, Sabtu (14/08/2021).

Cerita fiksi yang Daffa tulis berkisah tentang seorang anak perempuan yang menceritakan dan menyebut ibunya sebagai pahlawan donor darah, karena ibunya memiliki golongan darah universal yang bisa didonorkan ke semua golongan darah dan ibunya sudah menyelamatkan nyawa beberapa orang dengan donor darah.

“Kita sebagai makhluk sosial, harus senantiasa berbuat baik dan dapat membantu orang lain dengan ikhlas. Seperti donor darah, meskipun nantinya tidak diketahui kepada siapa darah ditransfusikan, setidaknya kita sudah berusaha dan berniat untuk berbuat baik kepada orang lain,” ungkap Daffa saat menceritakan moral value dari cerita yang ia buat.

Dari menulis, nyatanya akan ada makna nilai-nilai kebaikan yang tersampaikan. Melalui hobi yang digeluti, prestasi bisa diraih. Maka, kegiatan-kegiatan kecil dan hobi yang positif perlu dimulai dari diri sendiri, selain bisa mencetak prestasi, hobi yang positif juga akan membentuk karakter diri yang positif pula.(ksa/dzl)

Back to top button