Berita

Bimbingan dan Pelatihan Pelaporan RKT, RKO dan Laporan Bulanan Tahun 2021

KUA Gondomanan

Yogyakarta (KUA Gondomanan) – Kantor Urusan Agama (KUA) Gondomanan, Senin (23/8) selenggarakan kegiatan rakordasi dan pembinaan penyuluh agama Islam di lingkungan KUA Gondomaman dihadiri Kepala KUA Gondomanan R. Andhi Nugroho SHI., M.H. yang bertempat di Aula KUA Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta.

Koordinator Penyuluh Agama Islam KUA Gondomaman Ismiyati, S. Ag. melaporkan, bahwa ada beberapa kegiatan diantaranya adalah Rakordasi dan Pembinaan Penyuluh Agama Islam, juga pendataan Majlis Taklim, Ormas Islam dan Lembaga Dakwa se Kemantren Gondomanan, serta Bimbingan dan Pelatihan Pembuatan Pelaporan RKT, RKO dan Laporan Bulanan Tahun 2021, menjadi satu kegiatan.

Pembinaan ini disamping bertujuan sebagai ajang untuk silaturrahim sekaligus mengadakan evaluasi kegiatan agar kegiatan-kegiatan di masa yang akan datang selalu kompak di dalam melaksanakan kegiatan di masyarakat khususnya, kata Ismiyati, S. Ag.

Dalam sambutan pembinaannya Kepala KUA Gondomanan R. Andhi Nugroho, SHI. M.H. mengatakan, disamping Penyuluh Agama Islam mempunyai tugas dakwah yang sangat mulia juga terkait dengan perangkat dan instrumen penyuluh, apa yang diperuntukkan oleh penyuluh, yaitu penguasaan materi, karena kita akan berhadapan dengan masyarakat yang kemungkinan penguasaan dan pemahaman materi-materi agama khususnya jauh lebih baik, oleh sebab itu penguasaan materi harus diperhatikan betul-betul oleh seorang penyuluh. Oleh karena itu maka tidak tertutup kemungkinan adanya wacana sertifikasi terhadap penyuluh Agama Islam oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Perangkat dan instrumen yang dibutuhkan seorang penyuluh adalah bagaimana dia mampu memahami materi tersebut sebelum orang lain diberikan pemahaman dari seorang penyuluh. Instrumen yang baik untuk mengevaluasi kegiatan yang dimuat dalam laporan secara tertulis oleh para penyuluh, semoga kegiatan pembinaan ini bisa memberikan manfaat kepada para penyuluh, kata R. Andhi Nugroho, SHI., M.H.

Dalam Bimbingan dan Pelatihannya Eko Agus Wibowo, Sos. I. selaku Penyuluh Agama Islam Fungsional menjelaskan, bahwa dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan terkait pelaporan kegiatan penyuluh dan dakwah yang dilaksanakan, hal ini dilakukan sebagai wujud dari tertib administrasi dengan mengintegrasikan kedalam sistem pelaporan yang sudah ada dan terpakai saat ini. Ujar beliau mengakhiri bimbingan dan pelatihannya. (Eko)

Back to top button