Berita

Al Qur’an Tikrar Siap Menuntun Siswa Kelas Tahfizh dalam Menghafal Al Qur’an

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) – Terobosan-terobosan madrasah senantiasa bergerak dalam mewujudkan kemajuan siswa sesuai bidangnya. Jumat, (17/9)  merupakan hari terobosan Tim Kelas Tahfizh dalam mengawal program tahfizh madrasah dengan membagikan Al Qur’an Tikrar untuk program kelas tahfizh yang di tahun ajaran 2021/2022 mulai dilaksanakan MTsN 1 Yogyakarta. Pembagian Al Qur’an ini dilakukan secara drive thru untuk keamanan semua pihak di masa pendemi Covid-19 secara tertib dan lancar di halaman depan madrasah oleh Tim Kelas Tahfizh.

Al Qur’an Tikrar ini adalah buku yang akan mempermudah menuntun siswa menerapkan strategi dalam mencapai target hafalan. Al Qur’an yang dibagikan untuk kelas tahfizh ini diharapkan membantu siswa untuk mampu menghafal dengan mudah dan dengan letak-letak ayat yang dihafal lebih mudah diingat. Kemudahan untuk mengingat dan menghafal ini dibantu juga dengan isinya yang berisi ayat-ayat Al Qur’an yang sudah dibagi dengan empat blok warna. Setiap warna adalah target yang akan dihafal siswa dalam periode tertentu.

Pemberian layout mushaf tahfizh yang menarik untuk siswa tentu saja dilakukan karena untuk membantu memudahkan mencapai target hafalan dalam periode tertentu. Sebagaimana diungkapkan oleh koordinator tahfizh bahwa “Siswa program kelas tahfizh diharapkan bisa menghafal satu juz dalam satu semester.” “Target hafalan tahfizh tersebut diharapkan  memiliki  bacaan Al Qur’an yang baik. Target ini  dijadikan acuan dalam pelaksanaan setoran harian dan materi belajar  mata pelajaran  tahfizh. Target ini juga akan dikembangkan  lagi dengan penerapan metode tikrar, dengan harapan siswa semakin termotivasi dalam menghafal Al Qur’an,”  demikian dipertegas oleh Fahmi Basa selaku salah satu guru kelas tahfizh MTsN 1 Yogyakarta.

“Terobosan madrasah melalui Tim Kelas Tahfizh sangat luar biasa. Semoga dengan pemberian fasilitas mushaf tahfizh ini, siswa menjadi semakin semangat  dalam menghafal. Siswa semakin mudah menghafal sesuai target bimbingan yang telah diajarkan dan nantinya menjadi ahli Al Qur’an,” demikian diungkapkan oleh Nukman Hamid selaku Waka Humas dan  Keagamaan MTsN 1 Yogyakarta.

Back to top button