Berita

MTs Negeri 1 Yogyakarta Persiapkan Dua Siswanya Raih Juara KOMBANAS di Tingkat Provinsi

Yogyakarta (MTs Negeri 1 Yogyakarta) – Pada Jumat (17/9), dua peserta KOMBANAS tahun 2021 dari MTsN 1 Yogyakarta mengikuti pembinaan Bahasa Arab yang dibimbing oleh guru Bahasa Arab kelas VIII, Hilman Fitry. Pada pembinaan ini, pembina dan kedua peserta tersebut membahas soal-soal KOMBANAS tahun 2021 baik soal kategori 5, maupun 6 dan 7. Untuk kategori 5 sebenarnya diperuntukkan bagi peserta KOMBANAS dari sekolah menengah pertama (swasta). Walaupun begitu, soal tersebut tetap dibahas, sebagai upaya peningkatan wawasan dan pembendaharaan kosakata Bahasa arab kedua peserta tersebut baik dari segi muradif (sinonim), dan al dhiddu (antonim).

Sedangkan untuk soal KOMBANAS kategori 6 dan 7, ini diperuntukkan bagi peserta yang berasal dari MTs Negeri maupun MTs Swasta. Sehingga muatan soalnya lebih sulit lagi daripada soal untuk kategori 5. Soal-soal tersebut tetap berpatokan pada kurikulum Bahasa Arab dan pendidikan Agama Islam KMA No. 183. Sehingga soal-soal tersebut tidak keluar dari materi-materi Bahasa Arab yang dipelajari di jenjang MTs. Walaupun begitu, soal-soal tersebut dibuat dengan standar HOTS (High Order Thinking Skills). Sebab itu, para peserta dibuat berfikir kritis untuk memilih jawaban yang lebih tepat dari setiap jawaban yang tersedia.

Saat ditemui tim publikasi madrasah, setelah pembinaan dua peserta tersebut, salah guru pembinanya, Hilman Fitry, mengatakan “Bahwa guru-guru pembimbing saat ini lebih mengintesifkan pembinaannya kepada peserta baik secara tatap muka maupun virtual melalui Whatsapp, dan semoga segala ikhtiar kita bersama diberikan hasil yang terbaik.”

Meski dalam keadaan pandemi Covid-19, persiapan untuk pelaksanaan lomba secara virtual terpantau dengan lancar dan tidak ada kendala karena secara teknis langsung dipegang oleh staf IT madrasah, Fahmi Basa. Dengan persiapan yang baik diharapkan siswa mampu mengerjakan soal dengan baik, lancar, dan tepat. Kepala Madrasah, Muhammad Iriyadi berharap prestasi di tingkat kota/kabupaten kemarin berlanjut sampai tingkat nasional. (Tim Publikasi Matsayo)

Back to top button