Berita

KUA Umbulharjo Bekali Calon Pengantin Dengan Bimwin

Yogyakarta (KUA Umbulharjo) – Dengan prokes yang ketat KUA Umbulharjo, Selasa-Rabu (14-15/9) kembali melaksanakan Bimwin (Bimbingan Perkawinan) angkatan 14 berlangsung di aula kantor, diikuti 17 Pasang calon pengantin.

Dalam sambutan pembukaan H. Abdul Halim (mewakili Kepala KUA Umbulharjo menyampaikan bahwa Bimwin ini bertujuan memberikan persiapan dan pembekalan pagi calon suami istri agar lebih siap memasuki era baru dalam kehidupan mereka, yaitu kehidupan berkeluarga. Oleh karena ia berharap agar peserta dapat mengikuti secara sungguh sungguh, sehingga bisa dijadikan sebagai modal dalam rangka menghadapi dinamika kehidupan berumah tangga.

Kegiatan diawali dengan pre test untuk mengukur pengetahuan peserta tentang materi yang akan disampaikan. Materi pertama disampaikan oleh Tim PPL Mahasiswa Pasca Sarjana UNY, dengan judul Membangun Relasi Harmonis Pasangan Suami Istri. Dilanjutkan dengan mempersiapkan generasi berkualitas oleh DR.H. Khamim Zarkasi Putro (Dosen UIN sunan Kalijaga). Selanjutnya peserta diberikan pengetahuan yang berkaitan dengan Kesehatan Reproduksi oleh Bidan dari Pusksmas Umbulharjo 1 Yogyakarta.

Pada hari kedua materi dilanjutkan oleh H. Handdri Kusuma, SAg MSI (Kepala KUA Umbulharjo dengan judul Memenuhi Kebutuhan Keluarga. Diakhir materi Handdri juga menyampaikan bahwa KUA Umbulharjo siap melayani masyarakat untuk memberikan dampingan dan konsultasi keluarga melalui Pusaka Sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah). Materi berikutnya adalah “Mengelola psikologi dan Dinamika Keluarga” yang disampakan oleh Ir. Hj. Wiwik Tri Wahyuningsih (Konselor BP4 Kota Yogyakarta). Kegiatan berjalan lancar dan dinamis, menggunakan metode patisipatif diakhiri dengan evaluasi dan post tes Salah satu wakil peserta mengatakan bahwa bimwin ini sangat bermanfaat,serta menyadarkan bahwa, ternyata menikah sangat memerlukan persiapan maksimal lahir batiin serta ilmu. Keluhannya adalah materi terlalu padat dan masih kurang. (Halim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button