Berita

Serunya Belajar Moderasi Beragama Lewat Ular Tangga di MIN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MIN 1 Yogyakarta) — Dalam rangka kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) untuk kelas lanjutan, siswa-siswi kelas 3C MIN 1 Yogyakarta mengikuti permainan edukatif ular tangga bertema moderasi beragama pada Selasa (15/7/25). Kegiatan ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dengan cara menyenangkan dan interaktif.

Sebelum permainan dimulai, peserta terlebih dahulu diberikan penjelasan oleh Diana Fitri Umami, S. Ag dan Diana Wulansari, S.S yang memaparkan secara lisan mengenai konsep moderasi beragama, termasuk pentingnya sikap toleransi, cinta tanah air, komitmen kebangsaan, dan anti kekerasan. Penjelasan ini menjadi bekal bagi siswa agar dapat memahami nilai-nilai yang akan mereka temui selama bermain.

Anak-anak dibagi menjadi lima kelompok dan masing-masing kelompok bermain secara bergiliran selama 15 menit. Saat satu kelompok sedang bermain, kelompok lain menyimak jalannya permainan sambil belajar dari pertanyaan dan tantangan yang muncul.

Permainan ular tangga ini memiliki aturan khusus: pemain yang mendapatkan angka enam dari lemparan dadu, berkesempatan untuk melempar dadu sekali lagi. Jika pion berhenti di kotak tangga, pemain akan mendapat pertanyaan seputar moderasi beragama. Apabila mampu menjawab dengan benar, pemain berhak naik ke anak tangga berikutnya. Namun, bila tidak bisa menjawab, pemain tetap berada di kotak tersebut.

Sementara itu, bagi yang berhenti di kotak ekor ular, tantangan menanti. Peserta diminta menunjukkan rasa cinta tanah air dengan memilih salah satu aksi kebhinekaan: menyanyikan lagu daerah atau menari. Tantangan ini disambut meriah dan penuh semangat oleh para siswa.

Melalui permainan ini, siswa-siswi tidak hanya bermain dan bersenang-senang, tetapi juga belajar menerapkan sikap moderat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini menjadi bukti bahwa nilai-nilai penting dapat diajarkan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. (gyt)

Leave a Reply