Berita

Seksi PHU Kemeng Kota Yogya Selenggarakan FGD PPIU di Tasneem Hotel Yogya Th. 2020

Kementerian Agama Kota Yogyakarta melalui Seksi PHU menyelenggarakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) PPIU guna membahas Peningkatan Layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, bertempat di ruang Ayoda, Hotel Tasneem Yogyakarta. Selasa (20/10/20).

Dalam kegiatan FGD Kemenag Kota Yogyakarta melibatkan 12 perwakilan PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) dari sebagian jumlah yang ada di Kota Yogyakarta.

PPIU adalah biro perjalanan wisata yang telah mendapatkan ijin operasional dari Kementerian Agama RI untuk menyelenggarakan perjalanan ibadah umrah.

Untuk memberikan layanan PPIU yang profesionalitas, transparansi, akuntabilitas, dan sesuai dengan ketentuan syariat seperti disyaratkan dalam Peraturan Menteri Agama [PMA] RI No.8/2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh dan SK Dirjen PPIU No. 337/2018 tentang Pedoman Akreditasi Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh, dimana PPIU diwajibkan untuk diakreditasi oleh lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA hadir membuka secara resmi acara FGD dan sekaligus menyampaikan materi tentang “Tugas dan Fungsi Kebijakan Kemenag dalam Kebijakan Umroh” didampingi Kasi PHU Kemenag Kota Yogyakarta H. Arif Harjanto, SH dan Penyelenggara Yuwono dan memandu berlangsungnya FGD.

Dalam sambutannya Nur Abadi mengatakan bahwa Kementerian Agama merupakan Pengawas dan sebagai regulator sehingga mengingatkan agar PPIU sudah melengkapi segala kelengkapan perijinannya dan sudah terakreditasi.

Selain itu Nur Abadi menyampaikan pula bahwa “kegiatan FGD kali ini sebagai upaya sharing untuk melihat sejauhmana kelengkapan dan kesiapan PPIU yang kemungkinan adanya rencana pemberangkatan Umroh di tgl 1 November 2020 mendatang yg setelah beberapa bulan tidak adanya pemberangkatan, dikarenakan pandemi covid-19”. Ujarnya.

Namun Nur Abadi lebih menekankan kepada PPIU dalam pelaksanaan ibadah Umroh nanti lebih mementingkan kesehatan jamaahnya agar Jamaah  jangan sampai merasa dirugikan, pesannya.

Kegiatan berlangsung sangat komunikatif dengan tanya jawab dan dialog langsung dipandu Kasi PHU H. Arif Harjanto hingga akhir acara dengan ditutup photo bersama.(hms.Nrl)

 

Kontributor : Sri Nurul.

Editor : Sri Nurul.

Back to top button