Berita

Salurkan Hobi Jadi Prestasi, Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 Lomba Fotografi

Yogyakarta (MAN 1) — Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa MAN 1 Yogyakarta. Kali ini, Ahmad Mushthofa Kamal, siswa kelas 12 MIPA ini berhasil meraih juara berkat mengembangkan hobi fotografinya. Thofa, begitu sapaan akrabnya, meraih juara 1 Lomba Fotografi dalam Junior Multimedia Skill Competition(JMSC)#3, yang diselenggarakan oleh Sekbid Kewirausahaan dan Keterampilan STM Pembangunan Yogyakarta tersebut diikuti oleh siswa SMA/MA/sederajat se-DIY.

Lomba fotografi yang dilaksanakan secara online selama 14-25 Agustus 2021 ini mengharuskan peserta untuk mengangkat tema “Kobarkan Semangat Di Balik Masker Penyelamat”. Dengan tema yang sudah ditentukan, maka Thofa mulai mencari referensi dan memilih konsep.

“Saya mencari referensi di instagram dan akhirnya konsep yang saya pakai garis besarnya human interest dan target objeknya simbah simbah,” ungkap Thofa.
Akhirnya, sebuah karya foto yang berjudul ‘Usia Senja Semangat Muda’ berhasil menghantarkannya menjadi juara. “Saya ingin menggambarkan seorang kakek-kakek yang seharusnya menikmati usia senjanya dengan bersantai tapi berbanding terbalik dengan keadaan. Ia harus bekerja dari pagi hingga petang padahal kondisi disekitar masih PPKM,” papar Thofa saat menceritkan makna dari foto karyanya, Kamis(2/09/2021).

Rupanya, fotografi telah menjadi hobi Thofa sejak SMP. “Kalau hobi fotografinya udah sejak SMP, tapi sejak masuk Mansa Journalist jadi banyak ilmu yang didapet,”, ungkap siswa kelahiran 12 Mei 2004 ini. Juara yang ia raih menjadi salah satu bukti bahwa suatu hobi positif yang ditekuni dapat menghasilkan prestasi. (ksa/dzl)

Back to top button