Berita

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Orientasi Dasar Penegak ke-36

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)–Pramuka MAN 1 Yogyakarta telah menggelar Upacara Adat Buka Kegiatan Orientasi Dasar Penegak menandai dibukanya kegiatan Orientasi Dasar Penegak (ODT) ke-36. Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari, (19-22 Agustus 2021).

ODT tahun ini merupakan tahun kedua yang diselenggarakan secara daring. Bahkan tahun ini, semua prosesi dilakukan secara online melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Chanel Youtube madrasah:

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan materi tentang ambalan, kepenegakan, dan membentuk karakter calon tamu ambalan. Kegiatan tersebut bersifat wajib bagi kelas 10 dengan jumlah peserta 262 siswa, dan 20 siswa kelas 11 sebagai Sangga Kerja.

ODT tahun ini bertema “Pramuka bersinergi membangun negeri dengan semangat persatuan di kala pandemi”. Tema terinspirasi dari karakter Gajah Mada yang berani, tegas, dan bertanggungjawab. Oleh karena itu, Gajah Mada sebagai maskot untuk ODT tahun ini.
Upacara Adat Buka dilaksanakan pukul 13.05 – 13.35 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan mealui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di Youtube. Upacara Adat Buka diikuti dengan khidmat dan berjalan dengan baik.

“Saya harap kegiatan Orientasi Dasar Penegak ke-36 ini tidak menjadi beban untuk anak-anak dan diharapkan bisa menjadi awal untuk mengenal pramuka di MAN 1 Yogyakarta,” ujar Kak Soeprastiyono Nugroho, M.Pd.I selaku Pembina pada Upacara Adat Buka, Kamis (19/08/2021)siang.

Setelah Upacara Adat Buka selesai, siswa kelas sepuluh mengisi pre-test yang telah dipersiapkan oleh sangga kerja melalui platform Google Form. Pre-test berisi beragam pertanyaan seputar kepenegakan, ambalan, dan kegiatan atau perlombaan lainnya yang akan diadakan dalam ODT ke-36

Diharapkan pre-test ini bisa menjadi langkah dalam peserta mengenal seluruh kegiatan ODT dengan baik dan tentunya lebih mengenal seluk beluk Ambalan Alibasyah-Ratnaningsih.

Rangkaian acara pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 diakhiri dengan pertemuan setiap kelas bersama masing-masing kakak pandu. Kegiatan ini diharapkan dapat mendekatkan dan menyatukan tujuan antara panitia dan peserta kegiatan. Sehingga kegiatan ODT ke-36 dapat berlangsung dengan menyenangkan, mengedukasi, dan membangun kebersamaan untuk pramuka Albara Mansa kedepannya.

Selain Upacara Adat Buka, Pre-test, dan pertemuan dengan kakak pandu. Peserta didik juga mengikuti beberapa kegiatan lain, yaitu lomba video dan lomba kolase. Lomba video dan kolase sudah dimulai sejak tanggal 14 Agustus 2021.

Lomba video adalah lomba antar peserta dengan video memperkenalkan diri disertai melafalkan dasa dharma. Sedangkan lomba kolase adalah lomba antar kelas bertemakan “United in Online”.

Lomba video diharapkan menjadi sarana bagi peserta didik dalam memperkenalkan diri, meningkatkan percaya diri, serta diharapkan peserta didik dapat mengimplementasikan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan lomba kolase adalah lomba antar kelas yang kami harapkan dapat meningkatkan kreativitas dan kerja sama para peserta didik. Kedua lomba ini tentunya kami juga berharap dapat mempererat pertemanan antar setiap peserta didik dan mengenal satu sama lain.(fzl/dzl)

Back to top button