Berita

Pandemi Corona, MAN 1 Yogya Melakukan Pembelajaran Secara Online

(MAN 1-YK)-Proses Belajar Mengajar (PBM) tetap berjalan, walau tidak dilaksanakan di ruang kelas atau pertemuan secara langsung dengan guru. Hal ini diakibatkan Pandemi Corona (Covid-19) dan penyebarannya yang semakin meluas, khususnya di Indonesia. Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut, maka pembelajaran menggunakan media online.

Seperti yang dilakukan MAN 1 Yogyakarta baru-baru ini. Meskipun civitas akademika di rumah masing-masing, mereka tetap bisa belajar bersama guru mata pelajaran melalui jaringan internet (online).

Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.S.I. menyampaikan, pembelajaran online memanfaatkan beberapa aplikasi, antara lain E-Learning Madrasah, Google Calssroom, Geschool, Zoom, Grup WhatSapp, Quipper, dan ruang guru.

Lanjut Taufik, apabila pandemi Covid-19 ini belum berakhir, maka sesuai regulasi dalam masa tanggap darurat, kenaikan kelas berdasarkan nilai yang sudah ada sebelum belajar online ditambah dengan nilai proses pelaksanaan KBM online dari guru masing-masing mata pelajaran.

“Paling utama adalah suasana atau semangat siswa untuk belajar tetap terjaga sehingga dalam proses KBM online tidak boleh memberatkan siswa. Yang kedua melatih kita semua melaksanakan pembelajaran online sebagai media pembelajaran sehingga perlu ada evaluasi untuk menjadi lebih baik,” harapnya.

Taufik menambahkan, agar pembejaran tidak memberatkan siswa, maka pihak madrasah telah menjadwalkan setiap harinya hanya tiga mata pelajaran saja, berlangsung mulai Senin hingga Jumat. Kemudian dengan dibantu oleh orang tua wali siswa, para siswa diwajibkan untuk melakukan kegiatan harian mandiri yaitu sholat lima waktu, tadarus Al-Quran, dan Sholat dhuha, serta membantu pekerjaan orang tua di rumah. Selain itu para siswa juga diminta untuk berperan aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dengan melakukan Physical Distancing dan memperbanyak kegiatan di rumah.* (dzll)

Kontributor: MAN1YK.  Editor: Nurul.

Back to top button