Berita

Menjadi Tuan Rumah KSM Tahun 2021, MTsN 1 Yogyakarta Gelar Uji Coba

Masayo

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarya) – Kompetisi Sain Madrasah (KSM) merupakan perhelatan akbar tahunan bagi siswa-siswi madrasah berprestasi di bidang sain. Tahun ini MTsN 1 Yogyakarta menjadi tuan rumah KSM untuk tingkat MTs se-kota Yogyakarta. Untuk itu MTsN 1 Yogykarta bekerja keras menyiapkan segala sesuatunya mulai Sabtu (14/8). Kepala Madrasah Muhammad Iriyadi dalam rapat koordinasi terbatas dengan tim pelaksana memastikan semua kebutuhan peserta KSM selama berada di madrasah telah siap. Iriyadi juga meminta Tim IT yang digawangi oleh Fahmi Basa untuk mempersiapkan perangkat komputer hingga jaringan internet terkoneksi kuat. “Kita pastikan KSM tingkat Kota Yogyakarya di MTsN 1 Yogyakarta berlangsung sesuai harapan,” tegas Iriyadi.

Demi kesuksesan KSM tahun 2021 tingkat Kota Yogyakarta, Minggu (15/8) tim pelaksana menggelar uji coba untuk seluruh peserta KSM di ruang laboratorium komputer. Uji coba meliputi tiga sesi bidang lomba yaitu IPA terintegrasi, IPS terintegrasi dan Matematika. Menurut Fahmi Basa uji coba dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB hingga sesi terahir pukul 14.30 WIB. Lebih lanjut Fahmi menjelaskan selama pelaksanaan uji coba menemui kendala seperti ada peserta yang tidak bisa hadir karena sedang menjalani isolasi mandiri, ada peserta yang tidak bisa login dan gambar soal tidak muncul di layar. “Kendala tersebut terjadi pada sesi 1 dan 2, namun pada sesi 3 semua berjalan dengan lancar” ungkapnya.

Jumlah peserta tahun 2021 untuk level MTs sebanyak 16 siswa, menariknya 15 berasal dari madrasah sedangkan 1 siswa dari SMPN 8 Yogyakarta yang kebetulan belum bisa menghadiri uji coba. Selain sebagai tuan rumah, MTsN 1 Yogyakarta juga mengirimkan 5 siswanya. Berbagai persiapan dilakukan termasuk pembimbingan dan pendampingan. Selain dibimbing secara intensif oleh guru dari madrasah, 5 siswa yang mewakili MTsN 1 Yogyakarta juga mendapatkan bimbingan khusus dari guru ahli olimpiade. Mereka akan dipersiapkan untuk berkompetisi mulai tanggal 22-24 Agustus 2021. Selamat mengikuti Kompetisi Sain Madrasah di MTsN 1 Yogyakarta. (Tim Publikasi Matsayo)

Back to top button