Berita

Melalui Peran Penyuluh,Kemenag Kota Yogyakarta Gelar Bhakti Sosial Warga Binaan

Aksi Kemanusiaan di Tengah Pandemic Covid-19”

Yogyakarta — Warga masyarakat Bongsuwung Kemantren Gedongtengen, terdampak Covid-19 dan   sejumlah wilayah Kota Yogyakarta kembali mendapatkan bantuan berupa sembako dan daging hewan kurban dari Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta melalui peran penyuluh dalam rangka aksi bakti sosial Idul Adha 1442 H. Dengan mengambil tema “Aksi Kemanusiaan di Tengah Pandemic Covid-19”.

Kali ini, kepala kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Drs.Syaiful Anwar,M.Si melakukan kegiatan Bakti Sosial dengan mendistribusikan daging hewan kurban dan sembako kepada warga yang kurang mampu di wilayah warga binaan penyuluh agama dan warga yang terpapar covid-19 di wilayah Bongsuwung Kemantren Godongtengen dan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta (21/07/2021).

Sejumlah warga masyarakat Bongsuwung menerima daging hewan kurban, sembako, pakaian layak pakai, dan buku bacaan yang di distribusikan oleh penyuluh agama islam  untuk warga yang terdampak Covid-19 dan warga kurang mampu dalam rangka PPKM Darurat. Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Gedongtengen beserta Muspika setempat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta melalui kepala seksi Zakat dan Wakaf menyampaikan, pemberian bantuan ini merupakan bagian dari kegiatan serangkaian bakti sosial hari raya Idul Adha yang dilaksanakan oleh para penyuluh agama Islam di wilayah Kota Yogyakarta, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan warga kurang mampu.

“Adapun sumber dana kegiatan bakti sosial ini berasal dari kontribusi pegawai Kementerian Agama Kota Yogyakarta, BAZNAS Kota Yogyakarta, majelis taklim, dan donatur yang tidak mengikat. Ini adalah tahun ke tujuh Kementerian Agama Kota Yogyakarta menggelar kegiatan  bakti sosial pada saat iduladha melalui para penyuluh agama islam, dan tahun 2021 ini menyalurkan berupa 2 ekor lembu, 685 paket sembako, 30 tanki air bersih untuk wilayah Kabupaten Gunungkidul, sejumlah pakaian layak pakai dan peralatan sholat, serta buku bacaan yang bisa dimanfaatkan warga bongsuwung” papar ketua baksos, Suryana.

Pada saat ini juga di 14 Kemantren se Kota Yogyakarta, melalui peran penyuluh agama non PNS secara serempak dan bersamaan mendistribusikan berupa sembako kepada warga atau jamaah yang terpapar covid-19.

“Peran kita adalah untuk membantu mereka dalam bentuk dukungan ekonomi, diantaranya memberikan dukungan berupa sembako, dan dalam momen idul adha ini dengan berbagi hewan kurban,” kata Syaiful Anwar

Kementerian Agama peduli dengan masyarakat yang sangat membutuhkan bimbingan jasmani dan ruhani. Melalui penyuluh agama islam Kota Yogyakarta, warga diharapkan mampu untuk selalu bersyukur dalam setiap nikmat yang diberikan dan selalu bersabar terhadap permasalahan yang dihadapi.

Kontributor : Samsul; Dian Pj

Editor: Dian Pj

Back to top button