Berita

MAN 1 Yogyakarta Khusyu Ikuti Kick Off Meeting Pembangunan ZI Kemenpan RB

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1YK) — Menandai dimulainya pelaksanaan evaluasi pembangunan Zona Integritas(ZI) di seluruh kementerian di Indonesia, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyelenggarakan kick off meeting. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan Chanel Youtube, Rabu (18/08/2021), mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.45 WIB.

Pada tahun ini, Kementerian Agama mengusulkan 54 satuan kerja untuk dinilai oleh kemenpan RB berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). MAN 1 Yogyakarta merupakan salah satu dari 15 madrasah yang diusulkan oleh Kementerian Agama RI. Secara keseluruhan terdapat 4.331 unit yang tahun ini diusulkan untuk dinilai, tertinggi dari Kepolisian Negara dengan 496 unit, sedangkan Kementerian Agama mengusulkan 54 unit, salah satunya adalah MAN 1 Yogyakarta.

Upaya serius dan terus menerus dilakukan MAN 1 Yogyakarta untuk membangun Zona Integritas, diawali dari Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas hingga mendapatkan penilaian layak oleh inspektorat Jenderal Kementerian Agama sebagai unit yang layak diusulkan ke kemenpan RB.

Setelah dinyatakan layak, saat ini sedang pada tahap penilaian akhir oleh kemenpan RB sebagai organisasi yang berpredikat WBK. Time line pelaksanaan evaluasi oleh Kemenpan RB ada empat tahapan, yakni: (1) entry meeting (18 Agustus 2021); (2) evaluation (18 Agustus – 19 Oktober 2021) ; (3) exit meeting (minggu ke-4 Oktober 2021); dan (4) reporting (minggu ke-3 Desember 2021).

Menanggapi kegiatan ini, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyatakan, kick off meeting kemenpan RB merupakan kegiatan yang sangat penting menandai dimulainya pelaksanaan evaluasi pembangunan zona integritas seluruh unit yang diusulkan.
“Bersyukur MAN 1 Yogyakarta termasuk unit yang dinilai layak untuk diusulkan,”ujarnya.

“Saya bersyukur karena dari 26 Madrasah yang dinilai oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, ternyata hanya 15 yang dinilai memenuhi syarat untuk diusulkan ke kemenpan RB, dan MAN 1 termasuk salah satunya” tegas Wiranto, seraya berharap madrasah yang belum lolos dapat lolos pada periode berikutnya.(syn/dzl)

Back to top button