Berita

Maju Evaluasi Pelayanan KemenPAN RB, Kemenag DIY Dukung Penuh Kankemenag Kota Yogyakarta

Yogyakarta (Humas)—Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta ditetapkan Kemenag RI maju dalam penilaian pelayanan publik. Ajang ini digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Tak ingin ketinggalan momentum, Kanwil Kemenag DIY langsung bergerak beri dukungan penuh.

“Tentu kami memberikan apresiasi sekaligus dukungan penuh kepada Kankemenag Kota Yogyakarta yang maju dalam penilaian evaluasi pelayanan publik KemenPAN RB,” tandas Kakanwil Edhi Gunawan, Kamis (23/07/2020). Apresiasi dan dukungan ini, lanjut Kakanwil, diwujudkan dengan pembentukan tim yang dibagi dalam 6 (enam) bidang.

“Kami sudah perintahkan untuk rapat perdana keenam bidang ini pada pekan lalu,” ujar Kakanwil. Keenam bidang ini terdiri dari Bidang Kebijakan Pelayanan, Bidang Profesionalisme SDM, Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Sistem Informasi dan Pelayanan Publik, Bidang Konsultasi dan Pengaduan, dan terakhir Bidang Inovasi.

“Kami berharap dengan adanya tim ini dapat memaksimalkan performa dan kinerja Kankemenag Kota Yogyakarta saat maju dalam penilaian, semoga mendapat hasil yang terbaik,” harap Kakanwil yang saat ini tengah ikuti Diklatpim II ini.

Sementara Kabag Tata Usaha Muhammad Wahib Jamil menambahkan, pembentukan enam bidang tersebut merupakan implementasi arah Reformasi Birokrasi (RB). “Sekarang sudah bukan zamannya patron-client, tetapi teamwork yang mesti dikedepankan,” jelasnya. “Kalau dulu pola hirarki masih terlihat jelas, sekarang kerja bersama sebuah tim harus lebih diutamakan,” tambah Jamil.

Dalam pembentukan tim ini, sambung Jamil, pihaknya melibatkan semua pegawai Kankemenag Kabupaten/Kota yang dipandang mampu bekerja, kreatif, inovatif dan punya komitmen serta kapabilitas memajukan pelayanan publik. “Termasuk kelompok jabatan fungsional yang berhubungan dengan evaluasi pelayanan, sehingga terbangun teamwork yang mumpuni untuk mendukung Kankemenag Kota Yogyakarta,” imbuh Jamil. 

Ia menambahkan pola kerja seperti ini harapannya dapat direplikasi oleh Kankemenag lainnya untuk mempercepat pelaksanaan RB. “Apalagi saat ini Kankemenag Kota Yogyakarta maju mewakili satu institusi besar Kementerian Agama RI,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kepastian ditunjuknya Kankemenag Kota Yogyakarta tertuang dalam surat Usulan Lokus Evaluasi kepada KemenPAN RB yang diteken Kabiro Organisasi Tata Laksana Kemenag RI, Priyono, tanggal 20 Juli 2020. Semoga mendapatkan hasil yang maksimal. (bap)

Back to top button