Berita

KUA Kemantren Pakualaman Peduli Anak Yatim dan Dhuafa

Yogyakarta-  Sebagai salah satu wujud kegiatan Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai bagian pusat dari kesejahteraan  umat maka Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dan Penyuluh Agama Non PNS bersama dengan KUA Kemantren Pakualaman menghimpun dana dari donatur yang selanjutnya langsung dilakukan pendistribusian dengan menyalurkan paket bingkisan tali asih kepada anak yatim dan dhuafa di wilayah Kemantren Pakualaman  Kota Yogyakarta yang diselenggarakan pada hari Jum’at Berkah tanggal 07 Mei 2021 bertepatan menjelang hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Bingkisan paket tali asih yang diberikan kepada  33 anak yatim dan dhuafa ini meliputi :

  1. Sembako (berupa beras 2,5 Kg, Gula Pasir 1 Kg, Bihun Jagung 320 grm, Minyak Goreng Sawit 900 ml, Susu kambing Etawa 10 sachet,dan madu)
  2. Parcel Lebaran  (Kue Kaleng, sirup , snack dll)
  3. Uang tunai masing masing Rp 100.000,-

Selanjutnya nilai nominal paket bingkisan tali asih tersebut masing-masing sebesar Rp 250.000,-. Agenda kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian sosial terhadap anak yatim dan dhuafa yang berada di sekitar wilayah Kemantren Pakualaman. Bahkan secara rutin setiap bulan kepada anak yatim dan dhuafa ini juga mendapatkan santunan berupa sembako yang berasal dari Pondok Pesantren Al Jadid Fisabilillah. Selain diberikan santunan berupa sembako, para anak yatim dan dhuafa ini juga diwajibkan untuk mengikuti pembelajaran Iqra dan Al Quran yang digelar dalam seminggu tiga kali pertemuan, sehingga mereka juga dibekali dengan landasan  pengetahuan agama.  Oleh karena itu pendampingan dan pembinaan anak yatim ini juga telah dibentuk majelis taklim yang diberi nama “Husnul Yatim”. Sebagai bentuk  menanamkan pendidikan nilai-nilai keagamaan kepada para anak yatim dan dhuafa ini juga diwajibkan untuk melakukan setoran hafalan ayat-ayat Al Qur’an pilihan maupun surat surat pendek dan doa sehari-hari sebelum menerima bingkisan sembako.

Dengan kegiatan yang bertajuk “ KUA Kemantren Pakualaman Berbagi” diharapkan semoga dapat meringankan dan membantu beban mereka dalam situasi pandemi Covid -19, serta  memberi manfaat dan barokah dalam merayakan Hari raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M, ungkap Kepala KUA Pakualaman Agus Sutrisno,S.Ag.

 

Kontributor : Dian Pj  Editor : Dian Pj

Back to top button