Berita

Kemenag Kota Yogya Selenggarakan ISRA dan Multikultural Jenjang SMA, SMK Negeri/Swasta se-Kota Yogyakarta

Seksi PAIS (Pendidikan Agama Islam) Kementerian Agama Kota Yogyakarta selama 2 (dua) hari dengan 2 (dua) angkatan menyelenggarakan kegiatan ISRA dan Multikultural bagi Siswa Jenjang SMA dan SMK se-Kota Yogyakarta, angktan 1 dilaksanakan hari Rabu, (14/8/19) diikuti sebanyak 40 orang siswa dan siswi dari jenjang SMA baik Negeri dan Swasta, dan angkatan 2 (dua) dilaksanakan pada hari Kamis, (15/8/19) dengan peserta 40 orang siswa dan siswi untuk jenjang SMK baik Negeri dan Swasta, bertempat di Aula 1  lt 2 Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

Peserta sejumlah 40 siswa/i masing-masing dari SMA dan SMK  Negeri/Swasta se-Kota Yogyakarta mendapatkan 2 materi yang sama dan dari narasumber yang sama pula, yakni tentang “Motivasi Penguatan Pendidikan Karakter”  dengan narasumber Dosen AMIKOM  Yogyakarta Drs. H. Dwiyono Iriyanto, MM,CPC , sedangkan untuk materi kedua tentang “Pendidikan Penguatan Karakter Deradikalisasi Moderasi Islam ” disampaikan Bripka Prastiwi, S.Psi Dosen SPN (Sekolah Polisi Negara) Yogyakarta.

Acara dihari pertama Rabu (14/8/19) dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA didampingi Nurhasanah mewakili Kasi PAIS Kemenag Kota Yogyakarta dan dalam sambutannya antara lain mengatakan “walaupun kita hidup  diantara perbedaan suku, ras dan agama, tapi kita harus tetap menjunjung tinggi toleransi keagamaan dan wawasan nasional, karna Islam itu bukan untuk sekelompok orang tapi untuk seluruh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari, karna Islam menghormati agama lain”, selanjutnya Nur Abadi berharap semua peserta nantinya usai kegiatan setelah mengikuti semua materi yang disampaikan oleh narasumber, hendaknya  semua peserta nantinya dapat  menularkan ilmunya yang didapat sebagai agen perubahan pada sekolah masing-masing.

Hal yang sama dihari kedua Kamis (15/8/19) pada kesempatan tersebut acara di buka secara resmi Kasi PAIS (Penddikan Agama Islam) Drs. H. Kaharuddin Noor mewakili Ka Kankemenag Kota Yogyakarta. Kegiatan Isra dan Multikultural berlangsung selama 2 (dua) hari dari pkl 08.00 – 14.30, semua berjalan dengan lancar dan tertib.

“Islam adalah agama yang cinta damai, jangan sampai para generasi penerus bangsa mau disusupi dengan paham/aliran yang menyesatkan juga penggunanaan narkoba. Menegakkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara bukan berarti disikapi dengan fanatik buta, tetapi harus dilakukan dengan semangat, toleransi, kerukunan serta kedamaian. Karena agama Islam mengajarkan keselamatan kepada semua orang, tanpa harus mengotak-ngotakkan satu dengan yang lainnya. Kualitas amal dan ibadah harus terus ditingkatkan agar keislaman kita semakin baik dan bermanfaat bagi banyak orang”, diantaranya materi yang disampaikan narasumber. *(hms.Nrl)

Back to top button