Berita

Kemenag Kota Jakarta Barat Study Banding PTSP ke Kemenag Kota Yogyakarta

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan sebuah inovasi dari Pemerintah dalam rangka pelayanan publik memangkas birokrasi pelayanan dan upaya untuk menciptakan good governance yang baik, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 65 Tahun 2016 tanggal 29 Desember 2016 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Kementerian Agama.

Dengan demikian Kementerian Agama Kota Yogyakarta yang sejak tanggal 11 Juli 2018 telah meresmikan PTSP yang merupakan PTSP terakhir dari 4 (empat ) Kemenag  yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang keberadaannya sudah terlebih dahulu diresmikan. Keberadaan PTSP Kemenag Kota Yogyakarta dengan beberapa keunggulan yang dimiliki diantaranya terpadunya pelayanan pendaftaran haji, dimana Kemenag Kota Yogyakarta sudah memboyong sebanyak 14 Bank Penerima Setoran (BPS) ke Kemenag Kota Yogyakarta.

Juga adanya fasilitas pelayanan  tandatangan on line pejabat yakni berupa tandatangan secara online Kepala Kantor, sehingga tidak ada alasan untuk menunda pelayanan kepada publik untuk mendapatkan tandatangan pimpinan, walaupun pejabat kepala kantor sedang tidak berada ditempat sedang berada diluar kantor bahkan diluar daerah.

Bertempat di ruang Aula 1 Kemenag Kota Yogyakarta, pada hari Jumat (15/02/19) kembali Kementerian Agama Kota Yogyakarta menerima kunjungan silaturahmi dan study banding dari Kementerian Agama Kota Jakarta Barat sebanyak 42 orang pegawai dari semua satuan kerja, yang bertujuan untuk melihat dan mendengar secara langsung tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kemenag Kota Yogyakarta dengan  dipimpin langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat Drs. H. Sofi’i, MA.

Ka Kankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA di dampingi Kasubbag Tata Usaha Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I  menyambut rombongan dari Kemenag Kota Jakarta Barat yang juga dihadiri pejabat lainnya Kepala Seksi dan Penyelenggara. Dalam sambutannya Kakankemenag Drs. H. Nur Abadi, MA mengucapkan selamat datang dan ter[ma kasih  atas kunjungannya di Kemenag Kota Yogyakarta, dengan berharap semoga informasi dan pengalaman yang dimiliki oleh Kankemenag Kota Yogyakarta dalam hal pendirian PTSP hingga pelaksanaannnya dapat bermanfaat bagi Kemenag Kota Jakarta Barat.

Beliau juga menyampaikan tentang Penghargaan keberhasilan yang sudah diperoleh Kemenag Kota Yogyakarta yakni tentang Predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dari Menpan RB bersama Kemenag Kabupaten Karang Asem, Bali dan Kemenag Kota Denpasar, dimana penghargaan yang sudah diperoleh merupakan keberhasilan yang tidak terlepas dari keberadaan PTSP di Kemenag Kota Yogyakarta.

Paparan selayang pandang tentang keberadaan PTSP Kemenag Kota Yogyakarta disampaikan oleh tim PTSP Kemenag Kota Yogyakarta yang terdiri dari Zainuddin Ahmad, S.IP menyampaikan paparan tentang perencanaan dan pengadaan, Halimah Trisayuni, S.Ag menyampaikan paparan tentang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Standar Operasional Pelayanan (SOP) serta Anisa Kurnia Sari, ST memaparkan tentang Informatika dan Tekhnologi (IT). Usai pemaparan oleh tim PTSP dilanjutkan dengan berdialog kemudian semua rombongan melanjutkan peninjauan langsung di ruang PTSP Kemenag Kota Yogyakarta. (hms.Nrl)

Back to top button