Berita

Kelas Riset-Robotik MTsN 1 Yogyakarta, Kreatif dan Menantang

MTs Negeri 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) – Menjadi madrasah unggulan bukan sembarang predikat, MTsN 1 Yogyakarta sebagai madrasah unggulan merapatkan barisan mewujudkan madrasah yang mandiri dan berprestasi. Mulai Tahun Pelajaran 2021/2022, madrasah yang dipimpin oleh Muhammad Iriyadi ini membuka 7 kelas unggulan yaitu kelas olimpiade, kelas riset robotik, kelas literasi/bahasa, kelas tahfidz, dan tiga kelas akademik.

Dalam sambutannya saat membuka sosialisasi kelas unggulan melalui zoom meeting, Sabtu (14/8) Iriyadi menjelaskan bahwa siswa MTsN 1 Yogyakarta dimana pun kelasnya harus berprestasi. Di hadapan orang tua/wali siswa kelas unggulan Iriyadi juga menyampaikan “Madrasah akan mengembangkan potensi dan prestasi putra Bapak Ibu sesuai kelas pilihannya,” ujarnya.

Ketua tim kelas riset robotik Ruslina Tri Astuti, M.Pd. melalui zoom meeting, Sabtu (14/8) bersama 18 siswanya tengah mempersiapkan diri menghadapi lomba robotik. Pertemuan yang kedua kalinya ini Ruslina menerima paparan ide pembuatan robot dari 9 kelompok. Menurut Ruslina ide anak-anak sangat menantang dan sarat kreativitas. Beberapa ide dari siswa riset robotik terfokus pada aplikasi teknologi berbasis kebutuhan masyarakat baik di bidang kesehatan dan ketahanan pangan. Ide ini selanjutnya akan dikembangkan untuk lomba-lomba robotik.

Kelas Riset Robotik merupakan salah satu kelas unggulan di MTsN 1 Yogykarta yang dikelola oleh tim dari madrasah bekerjasama dengan Sekolah Robotik Yogyakarta. Tampil sebagai guru robotik Herdani Yuliana, sering disapa mas Dani selama 90 menit meruncingkan ide dan membuat langkah strategis. Selamat berpetualang robotik muda MTsN 1 Yogyakarta. (Tim Publikasi Madrasah)

Back to top button