Berita

Hari Santri Nasional (HSN) 2018 Kota Yogyakarta Dimeriahkan Lomba karnaval

Star dan finish di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta sebanyak 52 Kendaraan pick up yang dihiasi dengan menarik membawa para santri, yang diikuti dari unsur BADKO TKA-TPA, Madrasah Diniyah (Madin) dan Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kota Yogyakarta. Acara lomba karnaval Hari Santri Nasional dilaksanakan pada hari Minggu (21/10/18) dimulai dari pukul 07.00 pagi hingga selesai, Karnaval dilepas oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poewadi, MA didampingi Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. Sigit Warsita, MA. Dan Ketua Panitia HSN Kota Yogyakarta KH. Ahmad Yubaidi, SH, S.Pd, MH.

Kegiatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kantor Kemenag Kota Yogyakarta dan mendapat dukungan dari berbagai pihak yang terkait, mengusung tema “BERSAMA SANTRI DAMAILAH NEGERI”. Dihadiri Kapolresta Kota Yogyakarta, Kapolsek Pakualaman, Kasubbag TU Kemenag Kota Yogyakarta Abd. Su’ud, S.Ag.,M.Si,, Ketua FKPP Kota Yogyakarta Hj Siti Fatimah Asmuni, Kasi PD Pontren Kemenag Kota Yogyakarta Drs. Bambang Inanta. Juga ,Kasi PAIS Drs. Kaharuddin Noor

Ka kankemenag Kota Yogyakarta berpesan dalam sambutannya mengatakan “bahwa tanggal 22 Oktober dijadikan Hari Santri Nsional merupakan tanggal yang istimewa bagi para santri, karna pada saat itu para santri berjuang  berkorban dengan harta benda, jiwa dan airmata merebut serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, maka diingatkan untuk santri-santri saat ini dapat mempertahankan serta mengisi kemerdekaan ini dengan membangun manusia seutuhnya maupun sektor-sektor ekonomi, budaya dan bidang lainya. Maka santri-santri diharapkan menjadi titik kebangkitan untuk memberikan sumbangan terbaiknya bagi negeri kita yang dilandasi keimanan yang kuat”.

Lomba Karnaval HSN memperebutkan 6 (enam) kejuaraan, yang meliputi penilaian 3 kriteria yaitu dari segi Kreativitas, (dalam menghias kendaraan, penggunaan atribut yang sesuai dengan tema), Kekompakan (kreasi-kreasi yang ditunjukan dalam kelompok) dan Keindahan (estetika secara keseluruhan/kualitas tampilan). Adapun hasil urutan para juaranya adalah :

Juara 1 : PP Ma’hadul Makhfufin memperoleh Tropy dari Walikota Yogyakarta dan diserahkan oleh Kapolres Kota Yogyakarta AKBP Armaini, SIK.

Juara 2 : PP Nurul Umah Putri, memperoleh Tropy dari Kapolresta Yogyakarta dan diserahkan Ka Kankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA.

Juara 3 : TPA Anwar Rasyd, memperoleh Tropy Ka Kemenag Kota Yogyakarta dan diserahkan oleh Ketua Panitia HSN KH Ahmad Yubaidi, SH,S.Pd, MH. Juara Harapan 1 : MDT Baitul Makmur disrahkan oleh Kapolsek Pakualaman.Juara Harapan 2 : MDT Al Wahid diserahkan oleh Kasi PD Pontren Drs. H. Bambang Inanta.  Juara Harapan 3 : MDT Yasmin Budi Mulia diserahkan oleh Ketua FKPP Hj. Siti Fatimah Asmuni. Rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Kota Yogyakarta 2018 juga dimeriahkan dari penampilan para santri dengan beberapa tarian sembari menantikan pengumuman di hadapan Ka Kankemenag Kota Yogyakarta, tamu undangan serta seluruh santri peserta karnaval yang mencapai 500 santri se-Kota Yogyakarta. (Nrl).

Back to top button