Berita

Guyuran Hujan Mengiringi Upacara HAB Ke-73 Kemenag Kota Yogyakarta di Halaman Balaikota Yogyakarta

Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menggelar upacara untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementeran Agama (Kemenag) RI ke-73 di Halaman Kantor Walikota Yogyakarta, Kamis (3/01/19) Upacara peringatan HAB ke-73 dirahmati dengan guyuran

 hujan yang lumayan deras namun tetap bertahan dan dilaksanakan dengan baik, lancar hingga selesai dengan penuh khidmad. Upacara diikuti hampir 1.400 peserta yang terdiri dari pegawai bawah atap Kemenag Kota Yogyakarta, Kakankemenag Kota Yogyakarta, Kasi/Penyelenggara, Kepala KUA beserta staf dari 14 Kecamatan, Ka Madrasah Negeri beserta jajarannya, Pengawas Sekolah/Madrasah, Penyuluh Agama dan Penghulu, Siswa-siswi Madrasah (MAN, MTsN, MIN), dan Penyuluh Agama Non PNS. Sebagai Perwira Upacara Kasubbag TU Kemenag Kota Yogyakarta H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I dan Komandan Upacara Ka KUA Umbulharjo Handdri Kusuma, S.Ag.,M.S.I dengan Pengibar Bendera/Paskibra oleh Siswa/siswi MAN 2 Yogyakarta, serta Paduan Suara dari Siswa/siswi MAN 1 Yogyakarta. Ditengah guyuran hujan yang sejak pagi namun tetap dilaksanakan Upacara HAB Kementerian Agama RI di Kota Yogyakarta, dimana Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti bertindak sebagai Inspektur  Upacara, dan  dalam amanatnya Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membacakan sambutan Menteri Agama RI antara lain yakni “bahwa peringatan hari bersejarah kali ini dalam suasana kesederhanaan, keprihatinan, dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak peristwa alam seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung. Seluruh bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan dalam derita dan bahagia, dalam suka cita maupun dukalara”.

Lebih lanjut dikatan Beliau “melalui peringatan HAB Kemenag Ke-73 diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945. Sejalan dengan tema HAB Kemenag tahun ini “Jaga  Kebersamaan Umat”,  Menteri Agama mengajak seluruh jajaran Kemenag, apalagi di tahun politik ini, mari senantiasa menebar energi kebersamaan, merawat kerukunan dan menempatkan diri diatas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan”. Seiring dengan itu Menteri Agama mengajak ASN Kemenag untuk “senantiasa menegakkan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama (Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan). Setiap pejabat dan birokrat Kemenag harus memerankan diri sebagai pelayan masyarakat dan tempat berlabuhnya kepercayaan umat. Semua agenda Reformasi Birokrasi bertujuan untuk menciptakan pelayanan public yang efektif, Efisien serta meminimalisir penyimpangan dan malpraktik administrasi negara. Reformasi Birokrasi akan menciptakan lingkungan kerja yang membuka ruang dan peluang yang sama bagi setiap pegawai untuk kontribuai dan berprestasi”. 

Rangkaian upacara HAB ke-73 Kemenag RI di  Kota Yogyakarta diakhiri dengan apresiasi yang sangat tinggi oleh Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti kepada semua peserta yang tetap bertahan dan tetap mengikuti jalannya upacara hingga selesai walau diguyur hujan, dengan memberikan salam kebeberapa siswa dilapangan upacara. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah yang dihadiri Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. Nur Abadi, MA, Kasubbag TU H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I, Kasi/Gara Kemenag Kota Yogyakarta serta beberapa Ka KUA dan beberapa Pejabat Pemkot. Diacara ramah tamah tersebut juga diserahkan Piagam Penghargaan kepada  Drs. Wiranto P, M.Pd dan Salsiah, S.Pd atas prestasinya di Dunia Pendidikan yang diserahkan oleh Walikota Yogyakarta Drs. H Haryadi Suyudi dengan didampingi Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, Ma dan Kasubbag TU Kemenag Kota Yogyakarta H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I, serta Koordinator Upacara HAB Ke-73 Kemenag Kota Yogyakarta  H. Ahmad  Mustafid, S.Ag., M.Hum. (Nrl)

Back to top button