Berita

Peran Orang Muda Katolik dalam Menggereja dan Berbangsa

Keluarga menjadi “basic institution”, tempat pendidikan karakter awal bagi seseorang. Orang muda Katolik merupakan bagian dari keluarga. Mereka memiliki peran penting baik dalam menggereja, berbangsa dan bernegara. Bertepatan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Penyelenggara Katolik Kementerian Agama Kota Yogyakarta mengadakan Pembinaan dan Pendampingan Iman Orang Muda Katolik. Acara yang mengambil tema “Kebangkitan Keluarga dalam menggereja dan bernegara” ini diselenggarakan Minggu, (05/08) di Aula Pasturan Mahasiswa “Margasiswa” Jln Dr. Sutomo No.54 Yogyakarta. Sejumlah 50 Orang Muda Katolik (OMK) dari paroki-paroki se-Rayon Kota Yogyakarta mengikuti acara tersebut. Membuka acara ini sekaligus memberi sambutan selaku Penyelenggara Katolik Kementerian Agama Kota 

Yogyakarta, Alexander Budisuwarno, S.Pd. “Orang Muda Katolik harus memiliki peran dan tanggung jawab untuk senantiasa menghidupi nilai-nilai dan kebiasaan-kebiasaan baik di dalam keluarga”, ungkap Alex.

Sebagai narasumber AM. “Bebet” Darmawan seorang Trainer dan Coach TNI AU, Peneliti di Pusat Studi Pancasila UGM, Pelatih Militer di Thailand, Malaysia, Singapura memberikan materi tentang “Mind Body Soul Awakening” dan “Family & National Building”. Dengan metode yang sangat interaktif peserta diajak menyaksikan beberapa video dan bermain games. Beberapa video yang ditayangkan menyiratkan pesan bahwa Orang Muda Katolik harus selalu menebarkan kebaikan bagi lingkungan sekitarnya. “Orang Muda Katolik harus menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, selalu bersyukur, percaya diri, berani bermimpi dan menjadi pribadi yang selalu optimis bisa melakukan sesuatu yang dianggap sulit sekalipun”, ungkap Bebet. “Orang Muda Katolik hendaknya memiliki karakter-karakter yang baik agar terwujud keluarga yang hebat, tangguh dan menjadi teladan bagi keluarga-keluarga yang lain”, imbuhnya. Orang Muda Katolik yang berkarakter baik itu turut berperan aktif terlibat dalam kemajuan dan perkembangan bangsa dan negara.(eve/nrl)

 

Back to top button