Penilaian lomba Kebersihan Kantor Bawah Atap Kemenag Kota Yogyakarta

Yogyakarta — Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-80 Republik Indonesia, Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan penilaian kebersihan kantor di seluruh satuan/unit kerja, khususnya bawah atap di lingkungan Kemenag Kota Yogyakarta, Rabu 13/8/2025. Tujuan kegiatan ini adalah mendorong terciptanya lingkungan kerja yang bersih, sehat, dan nyaman sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Koordinator Lomba Kebersihan Kantor, Hindatul, S. PD.I.,
menegaskan bahwa penilaian kebersihan ini menjadi bagian dari rangkaian lomba dan kegiatan peringatan HUT RI tahun ini. “Bersih kantor, bersih hati, pelayanan pun akan semakin prima. Kebersihan lingkungan kerja adalah tanggung jawab bersama,” ujarnya.
Adapun unsur utama penilaian meliputi: Pertama, kebersihan ruangan (lantai, dinding, meja kerja, lemari, peralatan kantor dan ventilasi).
Kedua, kerapian penataan arsip dan kelengkapan dokumen.
Ketiga, pengelolaan lingkungan, penghijauan, pemilahan sampah.
Keempat, kenyamanan dan keamanan Kantor
Proses penilaian kebersihan kantor bawah atap dilakukan secara langsung oleh Tim Penilai dari KUA yang terdiri dari Sehona, S.Ag selaku Penghulu, Mahlani, S.Ag., M.Pd dan Ismiyati, S.Ag dari unsur Penyuluh Fungsional. Tim penilai berkeliling dari satu unit kerja ke unit kerja yang lain untuk melakukan observasi lapangan, mencatat hasil, dan memberikan masukan konstruktif untuk peningkatan kebersihan, kerapian dan kenyamanan kantor.
Program lomba kebersihan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan kerja. Selain itu, budaya kerja yang bersih dan rapi di lingkungan Kemenag Kota Yogyakarta juga diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat luas.[ismi]